5 Cara Mudah Mengatasi Memori Internal Handphone / HP yang Cepat Penuh | Beserta Penyebabnya !

Dutormasi.com -Pada zaman sekarang, smartphone merupakan sebuah alat yang menjadi prioritas orang untuk dibawa setiap harinya. Kenapa? ini dikarenakan smartphone memiliki fungsi yang sangat dibutuhkan oleh manusia, diantarnya adalah menyimpan file file penting, komunikasi jarak jauh dan juga bisa digunakan untuk mencari informasi.

Namun terkadang jika smartphone kamu tidak memiliki memori internal besar, maka biasanya penyimpanan foto, video atau dokumen lainnya akan terisi dengan cepat. Sehingga ini lah penyebab smartphone menjadi lemot dan menjadi lambat. Penyebab memori penuh itu diakibatkan karena pengguna handphone yang tidak memerhatikan kapasitas memorinya sehingga penggunanya asal asal saja menyimpan file file yang banyak dan tidak penting.

Tetapi kalau kita membahas smartphone pada saat ini, tentunya smartphone sekarang sudah canggih canggih sekali melainkan ada smartphone yang memiliki memori hp 256 GB. Waww menakjubkan sekali bukan ? yahh begitu lah, yang namanya era teknologi.Sekarang ini teknologi sangat cepat sekali berkembang, apalagi perkembangan produk smartphone yang sekarang ini banyak produk produk baru yang keluar, seperti produk REALME. Walaupun merupakan HP pendatang baru, namun produk ini bisa berlomba dan sukses dipasaran produk smartphone.

Bagi kalian yang memiliki memori internal handphone yang memadai, anda tidak perlu resah dan galau karena pada postingan kali ini dutormasi akan memberikan solusi terbaik untuk bagaimana cara mengatasi memori handphone anda yang cepat penuh. Apakah kalian penasaran? jika iiya langsung saja simak pembahasan dibawah ini.

Solusi Memori HP (Handphone) yang Cepat Penuh


1. Gunakan kartu memori SD

Solusi pertama yang bisa anda lakukan adalah menggunakan memori eksternal atau biasanya kita sebut dengan kartu memori SD. Kartu memori ini memang sangat sangat membantu bagi anda yang mempunyai kapasitas memori internal yang sedikit.


Untuk itu, bagi file file yang menurut anda penting anda bisa memindahkan nya ke memori SD agar memori internal anda mempunyai ruangan kosong untuk meyimpan file file yang lain. Kapasitas memori SD pun bermacam macam, ada yang 8 GB, 16 GB dan 32 GB.

Baca Juga :

2.Gunakan aplikasi Clean Master

Selanjutnya solusi untuk mengatasi memori cepat penuh yaitu menggunakan aplikasi clean master. Menurut saya aplikasi ini sangat membantu bagi anda yang mempunyai memori internal yang sedikit. Kenapa ? karena aplikasi ini bisa menghapus sampah sampah file yang tidak penting di handphone anda, makanya aplikasi ini bisa mengurangi kapasitas memori yang penuh sehingga memiliki space atau ruang untuk menyimpan file file kembali.

3. Menghapus Cache (SOSMED)

Pada dasarnya cache ini dihasilkan pada kegiatan searching di internet seperti google chrome bahkan aplikasi yang sering kita gunakan seperti whatsapp, telegram dan instagram.

Aplikasi whatsapp merupakan penyumbang cache terbanyak pada saat ini. Oleh karena itu bagi anda pengguna aktif aplikasi ini, cache yang bisa anda kumpulkan dalam sehari itu bisa sampai 1000 MB. Nahhh oleh sebab itu lah jangan lupa anda menghapus cache di smartphone anda, agar memiliki ruang kapasitas untuk menyimpan file file lainnya.

4.Reset Handphone Anda

Pasti kalian bertanya tanya, kenapa sih harus direset ? yahh ini dikarenakan, kalau anda mereset handphone anda maka handphone yang anda gunakan tersebut akan kembali ke pengaturan pabrik. Tetapi tenang teman teman, anda bisa kok mencadangkan aplikasi yang menurut anda penting diakun google. Jadi saat anda melakukan reset handphone, anda tidak perlu khawatir file file yang menurut anda penting bisa terhapus sia sia.

5.Atur Penyimpanan Kamera

Biasanya, saat anda melaukan potret menggunakan kamera handphone, biasanya kapasitas foto yang didapatkan akan memiliki properties yang besar seperti 3.56 MB per 1 fotonya. Maka untuk mengatasinya tersebut pindahkan penyimpanan kamera tersebut ke penyimpanan kartu SD anda. Setelah itu anda tidak harus khawatir lagi pada penyimpanan internal anda, karena hasil potret yang anda lakukan di handphone anda, akan otomatis kesimpan di memori eksternal anda.

Baca Juga : Kenapa Ponsel Terlalu Panas ? Ini dia Penyebab dan Cara Mengatasinya

Itulah 5 solusi yang bisa anda lakukan untuk mengatasi penyimpan memori internal anda yang penuh. Kalau anda merasa bingung terhadap penjelasan saya, anda bisa berkomentar pada halaman contact dibawah ini, insaallah akan saya jawab secepat mungkin. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung di blog saya ini.

Ikaln Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel