Pengenalan dan Pengertian Rekayasa Perangkat Lunak/RPL Lengkap !

Dutormasi.com -Jika anda adalah mahasiswa jurusan teknik informatika, maka kalian bakal tidak asing lagi yang namanya pelajaran Dasar Pengembangan Perangkat Lunak atau biasanya disebut dengan DPPL. Untuk mengenal pelajaran ini lebih lanjut, anda harus mengetahui dulu apa itu perangkat lunak? perangkat lunak adalah suatu program aplikasi dikomputer yang didalamnya tersebut memiliki program itu sendiri, konfigurasi digunakan, dokumentasi yang menjelaskan struktur sistem dan dokumentasi yang menjelaskan bagaiman sebuah sistem itu digunakan.

Perangkat lunak tersebut biasanya memiliki berbagai produk. Produk ini biasanya dikembangkan karena dengan siapa pemakai perangkat lunak tersebut. Produk perangkat lunak itu dibagi menjadi 2 yaitu:
  • Produk Generik : Produk generik ini biasanya anda temui secara umum dan akan dijual pada pasar terbuka. 
  • Produk Sistematik : Produk sistematik ini bisa anda dapatkan tetapi harus terlebih dahulu dibuat atau dijual sesuai dengan pesanan dari pemakai/pengguna.
Selain itu perangkat lunak juga memiliki fungsional yang harus anda ketahui. Perangkat lunak berdasarkan fungsional tersebut adalah:

1.Interfacing

Interfacing ini adalah  perangkat lunak yang dihubungkan pada suatu alat atau hardware tertentu seperti hardware drive dan sebagainya. Drive tersebut bisa seperti printer, handphone, PC, laptop dan lain lain.

2.Operating System

Kalau anda seorang anak IT pastinya kalian bakal tau dengan operating system ini. Operating system adalah sebuah perangkat lunak utama yang digunakan untuk menjalan komputer dan merupakan sebuha interface awal saat komputer dijalankan. Contoh operating system itu adalah windows, linux, macintosh dan lain lain.

Baca Juga : Pengertian Sistem Komputer : Fungsi, Komponen dan Contohnya Terlengkap

3.Perangkat lunak aplikasi

Selanjutnya itu adalah perangkat lunak aplikasi. Perangkat lunak aplikasi adalah sebuah software yang digunakan untuk mempermudah penggunanya. Contohnya saja seperti software design, software office dan software multimedia.

4.Case Tools

Case tools adalah perangakt komputer yang berbasi produk yang bisa membantu kegiatan atau proses pada perangkat lunak yang dijalankan pada sebuah komputer.

Baca Juga : 8 Cara Menyelesaikan Sistem Persamaan Linear (SPL ) Menggunakan Eleminasi Gauss 4 x 4

Nahh, kalau kalian sudah mengerti mengenai perangkat lunak. Maka selanjutnya kita akan membahas mengenai rekayasa perangkat lunak. Apa itu rekayasa perangkat lunak? rekayasa  perangkat lunak adalah sebuah disipilin ilmu yang mana kita akan membahas semua sistem produksi perangkat lunak dari spesifikasi sistem sampai pemeliharan sistem tersebut.

Maka sebab itulah seseorang orang rekayasa perangkat lunak harus benar benar melakukan pendekatan pada sistem nya tersebut agar mereka bisa melakukan ooganasir yang sistematis supaya masalah perangkat lunak yang mungkin terjadi bisa dipecahkan dengan sumber daya yang tersedia.

Berbeda halnya dengan rekaya sistem. Jika rekayasa perangkat lunak adalah hal yang berhubungan dengan perangkat lunak seperti database, aplikasi dan lain lain. Kalau rekaya sistem adalah sebuah sistem yang berhubungan dengan semua aspek pada pengembangan pada sistem berbasis komputer, mau itu dari perangkat lunak, perangkat keras sampai ke rekayasa proses.

Baca Juga :  Eliminasi Gauss Jordan 4 x 4 pada Sistem Persamaan Linear

Didalam perangkat lunak ada juga proses perangkat lunak, model proses dan paradgima pada perangkat lunak. Untuk mengetahuinya lebih lanjut saya akan membaginya dengan penjelasan yang berbeda beda. Untuk itu simak penjelasan dibawah ini.

1. Proses Perangkat Lunak

Proses perangkat lunak adalah sebuah kegiatan yang dilakukan untuk mengembangkan dan melakukan evolusi pada perangkat lunak. Kegiatan kegiatan tersebut adalah:
  • Melakukan spesifikasi perangkat lunak
  • Melakukan Pengembangan perangkat lunak
  • Melakukan validasi perangkat lunak
  • Melakukan Evolusi perangkat lunak

2. Model Proses Perangkat Lunak

Selanjutnya adalah  model proses perangkat lunak. Model proses perangkat lunak adalah sebuah proses sistem pada perangkat lunak yang disederhanakan sehingga bisa dipresentasikan dari sudut pandang tertentu. Model model proses perangkat lunak tersebut adalah:
  • Model aliran kerja
  • Model aliran data
  • Model peran atau aksi

3. Paradgima Perangkat Lunak

Yang terakhir adalah sebuah paradgima pada perangkat lunak. Paradgima pada perangkat lunak memiliki 4 aspek yang paling penting, yaitu:
  • Waterfall
  • Pengembangan Evolusioner
  • Transformasi Formal
  • Assembling
Bagaimana aakah kalian paham dengan penjelasan diatas. Semoga saja kalian paham yaaa !! kalau anda memiliki pertanyaan atau komentar mengenai postingan diatas, anda bisa berkomentar pada halaman contact dibawah ini. Semoga bermanfaat dan semoga saja bisa membantu anda memahami tentang pengenalan perangkat lunak.

Sekian dan Terima kasih !!

Ikaln Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel